7 Macam Oleh Oleh Khas Solo Surakarta Yang Belom Diketahui Orang Banyak

Oleh Oleh Khas Solo Surakarta – Kota Surakarta dikenal sebagai kota kecil dengan tingkat kesantunan yang sangat besar, ada jiwa jiwa jawa yang mengakar kuat di lapisan masyarakat. Mayoritas orang Solo bisa dikatakan sangat santun, lemah lembut dan berjiwa besar. Jika Anda tengah berkunjung ke Solo alias Surakarta, jangan lupa untuk membeli buah tangan untuk keluarga, tetangga, kerabat yang menanti dirumah.

Tahukah Anda, jikalau Kota Surakarta di anugerahi beragam makanan yang sangat spesial dan tentu enak. Selain itu pula, pada umumnya harga makanan di kota Solo terbilang terjangkau, bahkan boleh dikatakan murah meriah tanpa melupakan kenikmatan cita rasa dan ciri sedapnya. Nah, yuk mari cari tahu 7 Macam Oleh Oleh Khas Solo Surakarta yang Belom diketahui Orang Banyak.

Oleh Oleh Khas Solo Surakarta

Intip

Ini bukan intip mengintip, tetapi nama makanan yang terbuat dari kerak nasi yang melekat pada panci. Kerak nasi tersebut lantas di jemur dibawah terik panas matahari. Baru selepas kering di goreng dengan menggunakan minyak panas. Intip Khas Solo ini rasanya gurih, asin dan renyah digigit. Ada beberapa variasi tambahan toping pada Intip seperti karamel gula untuk menambah cita rasa manis. Anda dapat mendapatkan Intip Khas Solo sangat mudah dengan variasi harga yang sangat terjangkau yakni berkisar Rp 15.000,00 untuk ukuran yang lumayan besar.

Atau hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik terkait Intip Khas Solo.

Serbat Jahe

Minuman khas Solo ini dapat dijadikan oleh oleh bagi kerabat Anda. Terlebih Anda dapat membelinya tanpa harus dalam bentuk gelas siap minum, melainkan tersedia juga dalam kemasan sachet. Serbat Jahe Khas Solo ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh, terlebih ketika cuaca dingin yang bermanfaat sekali untuk menghangatkan tubuh. Oleh oleh ini sangat direkomendasikan karena packing yang relatif kecil.

Rambak Khas Solo

Makanan khas jawa ini terbuat dari kulit kerbau ataupun kulit sapi yang digoreng kecil. Rambak ini sangat renyah dan gurih, terlebih ketika dimakan dengan petis yang pedas, wuih, maknyuss. Rasa gurih dari Rambak akan menambah selera makan Anda. Coba deh!

Srundeng

Bahan Srundeng yang digunakan tidak hanya buah kelapa yang diparut, tetapi bisa juga terbuat dari daging hewan. Serundeng yang terbuat dari daginign ini memiliki bentuk yang nyaris sama dengan abon, meskipun tetap ada perbedaan rasa dan tingkat kegurihannya.

Roti Kecik Genap

Roti Kecil Genap ini merupakan kue tradisional yang sudah ada semenjak tahun 1881. Keunikan dari Roti Kecil Genap ini adalah pada resep dan cara pembuatan yang sama semenjak pertama kali diciptakan, yakni dengan metode sangrai. Pembuatan roti yang disangrai akan menghasilkan tingkat kolesterol yang rendah. Ukuran roti ini sebesar kelingking orang dewasa dengan bentuk lonjong. Sehingga sering pula disebut juga dengan nama Kue Pentungan, hal ini karena bentuknya seperti Pentungan pos ronda. Roti ini dapat bertahan cukup lama, selain itu jikalau dikombinasikan dengan kopi atau teh, wuih, maknyuss. Coba deh!

Ampyang

Ampyang memiliki nama lain yakni Gula Kacang. Salah satu makanan tradisional khas Solo yang dibuat dengan komposisi kacang, gula merah dan jahe. Komposisi tersebut menghasilkan ampyang dengan cita rasa yang manis dan legit menggigit. Harga yang ditawarkan ampyang ini relatif murah, yakni berkisar Rp 5.000,00 hingga Rp 50.000,00 tergantung dari ukuran ampyang tersebut.

Kue Serabi

Kue Serabi ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng diatas arang. Kue Serabi ini biasa ditaburi dengan toping potongan pisang, nangka, messes ataupun keju tergantung selera. Bentuk serabi Solo ini menyerupai pancake, sama-sama bulat dan sedikit cekung. Hanya saja bentuknya lebih tipis dan pinggirannya ada tepung tipis yang menyerupai kulit kayu. Cita rasa Serabi Khas Solo ini jelas manis, gurih dan sangat lembut. Serabi Solo ini sudah ada semenjak tahun 1920-an, Anda dapat membeli dengan harga yang relatif murah yakni Rp 2.000,00 hingga Rp 2.500,00 rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *